Pengembangan latihan imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri pada atlet renang usia remaja di garuda aquatic swimming club kabupaten kediri

Nadya Putri Sabila, Kurniati Rahayuni, Yulingga Nanda Hanief

Abstract


Renang adalah olahraga dengan menggerakkan dan menggunakan hampir seluruh tubuh dimulai dari kepala, tangan, kaki, dan dilakukan di air. Olahraga ini membutuhkan keterampilan teknik, konsentrasi dan kepercayaan diri yang tinggi karena fokus perenang adalah pada kecepatan geraknya untuk mencapai limit atau waktu terbaik. Maka dari itu, selain melatih teknik, atlet renang perlu latihan mental yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dengan latihan imagery. Latihan imagery adalah sebuah latihan dengan membayangkan suatu aktivitas atau gerakan atau tujuan yang ingin dicapai dengan melibatkan seluruh panca indera. Mengembangkan latihan imagery dalam bentuk podcast atau rekaman suara yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri atlet renang Garuda Aquatic Swimming Club adalah tujuan dari penelitian iniMetode penelitian ini adalah metode model ADDIE (Anglada, 2007). Dengan urutan antara lain: (1) analisis kebutuhan awal yaitu melakukan wawancara pelatih Garuda Aquatic Swimming Club, (2) perancangan skrip produk imagery, (3) validasi oleh para uji ahli yaitu ahli psikologi olahraga; ahli kepelatihan renang; serta ahli media, (4) uji coba kelompok kecil (subjek 3 orang, yakni 1 pelatih dan 2 atlet) dan uji coba kelompok besar (subjek berjumlah 10 atlet). Hasil skor dari uji ahli adalah 88,89%, sedangkan hasil uji kelompok kecil 97,66% dan hasil uji kelompok besar 94,96%. Dapat diketahui bahwa dari hasil tersebut produk sangat valid, layak, dan dapat digunakan oleh atlet Garuda Aquatic Swimming Club. Kelebihan dari produk podcast ini adalah mudah dan praktis digunakan dimanapun dan kapanpun, karena bisa mengakses diberbagai perangkat telekomunikasi elektronik seperti ponsel, komputer atau laptop, dan sejenisnya asalkan terhubung dengan internet. Dan kelemahan produk ini antara lain sulit dilakukan ditempat ramai atau bising dan suara kurang jernih jika tidak memakai headset atau sejenisnya. 

Copyright © The Author (s) 2022

Journal of Sport Education (JOPE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Keywords


renang; latihan imagery; kepercayaan diri; atlet; latihan mental; persiapan psikologis; podcast

References


Adisasmito. (2007). Hubungan antara goal-setting dan motivasi berprestasi dengan prestasi atlet renang. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10947

Akbar, M. F., Priambodo, A., & Jannah, M. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Lay Up Shoot Bola Basket Sman 1 Menganti Gresik. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(2), 1–13. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i2.445

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. 36(1), 9–34.

Akbar, S. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan.

Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. 208–216.

Firmansyah, H. (2011). Perbedaan Pengaruh Latihan Imagery Dan Tanpa Latihan Imagery Terhadap Keterampilan Senam Dan Kepercayaan Diri Atlet. 7, 1–10.

Hidayat, Y. (2011). The Effect of Goal Setting and Mental Imagery Intervention on Badminton Learning Achievement Motor Skill at 10-12 Years Old: The Context of Indonesia. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 3(2), 2011. https://www.journals.mindamas.com/index.php/educare/article/view/233

Kostovski, Z., & Saiti, B. (2014). Comparisons of the motor dimensions in multivariate space , with young athletes and nonathletic treated with eurofit tests. June.

Kusumajati, D. A. (2012). Psikologi Olahraga dan Filsafat. Humaniora, 3(1), 246. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3307

MacIntyre, T. E., Jones, M., Brewer, B. W., Raalte, J. Van, O’Shea, D., & McCarthy, P. J. (2017). Editorial: Mental health challenges in elite sport: Balancing risk with Reward. Frontiers in Psychology, 8(OCT), 25–28. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01892

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). (Podcast Sebagai Media) Mayangsari; Tiara Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126–135.

Nugroho, S. (2016). Manajemen Persatuan Renang Seluruh Indonesia Kabupaten Cilacap. (Jurnal Pendidikan Unsika, 4(November), 243–253. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Petitpas, A. J., Giges, B., & Danish, S. J. (2019). “Sport Psychologist–Athlete Relationship: Implications for Training. The Sport Psychologist, 13(3), 344–357.” Sport psychologist–athlete relationship: Implications for training. The Sport Psychologist, 13(3), 344–357. 3(2), 98–104.

Phillips, B. (2017). Student-Produced Podcasts in Language Learning – Exploring Student Perceptions of Podcast Activities. IAFOR Journal of Education, 5(3), 157–171. https://doi.org/10.22492/ije.5.3.08

Pityn, M., Bohuslavska, V., Khimenes, K., Neroda, N., & Edeliev, O. (2019). Paradigm of theoretical preparation in sports. Journal of Physical Education and Sport, 19(6), 2246–2251. https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s6338

Pluhar, E., McCracken, C., Griffith, K. L., Christino, M. A.,

Sugimoto, D., & Meehan, W. P. (2019). Team sport athletes may be less likely to suffer anxiety or depression than individual sport athletes. Journal of Sports Science and Medicine, 18(3), 490–496.

Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71.

Rahayuni, K. (2021). Kesehatan Mental Atlet Indonesia saat Pandemi COVID-19: Tantangan, Rekomendasi dan Peluang Riset. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rosell-Aguilar, F. (2013). Podcasting for language learning through itunes u: The learner’s view. Language Learning and Technology, 17(3), 74–93.

Rudiansyah, E., Soekardi, & Hidayat, T. (2017). Pembinaan Olahraga Prestasi Unggulan di Kabupaten Melawi Kalimatan Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 4(1), 1–14.

Rusdiana, Y., & Khaliq, A. (2017). STUDI KASUS MINAT SISWA MTs HADIL ISHLAH BILEBANTE TERHADAP OLAHRAGA RENANG. 3(1), 13–14.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional Technology: The Definition andDomains of the Field. Washington: AECT. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Sufriyanto, A., & Putra, Y. Y. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Mental Terhadap Kepercayaan Diri Atlet Sepakbola Kabupaten Kerinci. Universitas Negeri Padang, 0, 1–12.

Sukadiyanto. (2011). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 23–30.

Sukar, N., Priambodo, A., & Nurkholis, N. (2019). Pengaruh Latihan Imagery dan Self Talk Terhadap Percaya Diri dan Konsentrasi Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP N 51 Surabaya. Jendela Olahraga, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.2991

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2005 TENTANG SISTEM KEOLAHRAGAAN NASIONAL. (2005).

Williams, S. E., Cooley, S. J., Newell, E., Weibull, F., & Cumming, J. (2013). Seeing the difference: Developing effective imagery scripts for athletes. Journal of Sport Psychology in Action, 4(2), 109–121. https://doi.org/10.1080/21520704.2013.781560




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.69-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.