Kajian penelitian: model student teams achievement division (stad) dalam penjas

Wahyunal Wahyunal, Novri Gazali

Abstract


Permasalahan dalam pembelajaran merupakan salah satu penghambat keberhasilan siswa dalam mengerti serta mencapai keberhasilan. Permasalahan pembelajaran juga terjadi pada pembelajaran penjas, permasalahan yang terjadi pada dekade terakhir disebabkan oleh diri siswa masing-masing, guna memilimalisir bahkan mengatasi masalah pembelajaran tersebut dibutuhkan model pendektan pembalajaran yang tepat. Student Teams Acievment Divison merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara lgsg dalam penerapanya. Pada kurun waktu 5-10 tahun terakhir model pembelajaran STAD sangat sering digunakan untum membantu meningkatkan serta memecahkan permasalan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan menengenai model pembelajaran STAD yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah kajian pustka ataupin kajian literature. Kajian literature yang akan dibahas mencangkup pengertian STAD, kelebihan serta kekurangan dari model pembelajaran ini. . Hasil kajian literature diharapkan mampu dijadikan kajian ataupun informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar teoritis penelitian selanjutnya dalam penggunaan model model pendeketan pembelajaran STAD dalam menyelasiakan atau meningatkan pembelajar penjas


Copyright © The Author (s) 2022

Journal of Sport Education (JOPE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Keywords


STAD, Penjas

References


Agustryani, R., Nur Herliana, M., & Soraya, N. (2020). Pengaruh Model Team Game Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga, 5(1), 30. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.5225

Ahmad Bachtiar Rifa’i. (2020). Upaya Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dengan Model Pembelajaran TGT ( Team Games Tournament ) di Sekolah Dasar. Prociding, 208–212. http://conference.um.ac.id/index.php/fik/article/view/461

Aprita, Y. M. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Jurnal AKRAB JUARA, 53(9), 1689–1699.

Arfa, M., Akhmad, I., & Nugraha, T. (2020). Different Effects Between Cooperative and Sociometric Learning on Lower Passing Learning Outcomes in Volleyball Games of Grade VIII Students at SMP Negeri 14 Medan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 384(Aisteel), 475–478. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.105

Arif, Y., Louk, M. J. H., & Keko, B. (2020). Basic Skills Of Playing Volyball In Primary V Grade Students. JPEHSS (Journal of Physical Education Health And Sport Sciences, 1(September), 86–93.

Arifin, S. (2017). Internalisasi Nilai Sportivitas Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(2), 20–29.

Asni, & Mansyur. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Siswa Kelas V SDN 11 LOGHIA Asni1),. CJournal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(April), 98–104.

Bagur, prudensius irfandi, Yusuf, A., & Hasyim, A. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Service Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas XI SMA YP PGRI 2 MAKASSAR. Journal PJKR.

Casey, A., & Fernandez-Rio, J. (2019). Cooperative Learning and the Affective Domain. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 90(3), 12–17. https://doi.org/10.1080/07303084.2019.1559671

Ginanjar, A., Suherman, A., Juliantine, T., & Hidayat, Y. (2019). Sports orientation during learning team or individual sports using a sport education model. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 377–386. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24021

Gupita, E. C., & Wibowo, A. T. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Olahraga Lempar Lembing Dengan Media Lempar Rocket di Sekolah Dasar Negeri 01 Buay Runjung. Jurnal Olympia, 3(1).

Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). the Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04

Harvianto, Y., & Bernisa. (2019). Pelatihan Pembelajaran Penjas Yang Menarik Denganmetode Progress Card Melalui Circuit Trainingdanladder Drill. 1(2), 93–98.

I Nengah Sukama. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Dengan Model Resiprokal Pada Siswa Kelas Viii A Semester I SMP PGRI 1 DENPASAR TAHUN. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

Kusrina. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Stad ( Student Teams Achievement Division ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Debit Pada Siswa Kelas Vi Semester I Sdn 2 Keteguhan Bandar Lampung Kusrina SD Negeri 2 Keteguhan , Bandar Lampung PEND. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 73–82.

Kusuma, M., & Abduh, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1676–1682.

Muslim, H. A., Japar, M., & Yatimah, D. (2021). Social Skills : learning cycle model and student team achievement divisions ( STAD ). Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 29–37.

Ni Nyoman Mariani Artini. (2016). PEMBELAJARAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 39 CAKRANEGARA. Jurnal Paedagogy, 3(1).

Papilaya, J. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Tipe Stad Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Permasalahan Ketenegakerjaan Dalam Pembangunan Ekonomi SMA NEGERI 7-AMBON. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(01), 1–5.

Paripurnawan, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Tentang Konsep Pengalamatan IP di Kelas X Ti A. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(3), 165–175.

Prabandaru, R. D., Lismadiana, L., & Nanda, F. A. (2020). Problem-based learning approach to improve service skills of badminton in physical education learning. International Journal of Education and Learning, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i1.74

Pridan, I., Insanistyo, B., Arwin, & Defliyanto. (2018). Meningkatkan Keterampilan Lay Up Permainan Bola Basket Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievments Divisions (Stad) Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 BENGKULU TENGAH. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2).

Rivera-Pérez, S., León-Del-barco, B., Fernandez-Rio, J., González-Bernal, J. J., & Gallego, D. I. (2020). Linking cooperative learning and emotional intelligence in physical education: Transition across school stages. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(14), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph17145090

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Siong, N. U., Ali, S. K. B. S., & Hutkemri. (2020). Effects of STAD and jigsaw cooperative learning methods on badminton backhand low service skill. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(10), 13–30.

Solihin, A. O., & Supriadi, D. (2017). Implementasi Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Penjas Untuk Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 1–5.

Suparmini, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 1(5), 67–73. https://doi.org/10.36418/jiss.v1i5.76

Syahruddin, S., Saleh, M. S., & Rizal, A. (2017). Peningkatan Koordinasi Mata Tangan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Bermain Bagi Anak Tuna Grahita. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 116–119.

Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian Literatur: Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Jasmani. Journal of Sport Education ( JOPE ), 3, 93–102.

White, R. L., Bennie, A., Vasconcellos, D., Cinelli, R., Hilland, T., Owen, K. B., & Lonsdale, C. (2021). Self-determination theory in physical education: A systematic review of qualitative studies. Teaching and Teacher Education, 99(xxxx), 103247. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103247

Wibisono, R., Kartiko, D. C., & Hartoto, S. (2018). Improve the Motivation of Learning and Learning Outcomes Passing Down volleyball Through Cooperative Learning Model. Journal of Physical Education Health and Sport, 5(2), 39–45. https://doi.org/10.15294/jpehs.v5i2.14954

Widyastuti, A. R., Santa, K., & Olii, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Digital Siswa Kelas X Mak Madani Manado iSmartEdu : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. ISmartEdu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 01(01), 41–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.11-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.