Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di smp negeri 9 pekanbaru
Abstract
Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam memngikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Pekanbaru, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pola pikir anak terhadap apa yang didapat dilapangan selama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan juga menjadi acuan bagi pelatih untuk memberikan pembelajaran yang efektif sewaktu kegiatan ekstrakurikuler. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket terhadap siswa ekstrakurikuler SMP negeri 9 Pekanbaru. Dari data yang diperoleh, indikator kebutuhan tingkat pencapaian sebesar 90,72% dalam kategori sangat tinggi, indikator bakat tingkat pencapaian 73,33% dalam kategori Tinggi, indikator keterampilan tingkat pencapaian 82,42% dalam kategori Sangat Tinggi, indikator teman tingkat pencapaian 73,33% dalam kategor Tinggi, indikator sarana dan prasarana tingkat pencapaian 73,14% dalam kategor Tinggi , indikator guru tingkat pencapaian 90,09% dalam kategori Sangat Tinggi, indikator lingkungan tingkat pencapaian 75,49% dalam kategor Tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Candra, O. (2017). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Keterampilan Bermain Bolabasket Pada Siswa Puteri Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Journal Sport Area, 2(1), 45-52.
Hidayatullah, F. (2018). Hubungan Kelincahan dengan Keterampilan Menggiring Bola Basket Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan. Journal Sport Area, 3(1), 28-35.
Laila, A. (2016). MOTIVASI INTRINSIK PESERTA PUTRI SMA AL HIKMAH SURABAYA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(3).
Mailani, A. (2016). TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PESERTA DIDIK PUTERA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5(4).
Maksum, Ali. 2008. Buku Ajar Mata Kuliah Metedologi Penelitian. Surabaya
Nugraha, P., & Pratama, E. (2019). Survei Pembinaan Prestasi Atlet Bolabasket Kelompok Umur di Bawah 16 dan 18 Tahun Pada Tim Bolabasket Kota dan Kabupaten Madiun Tahun 2018. Journal Sport Area, 4(1), 240-247.
Oktavian, O. (2015). PENGARUH PENYELENGGARAAN UNESA CUP BASKET TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(1).
Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Winardi, 2007 , Manajemen Kinerja, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.
Yuliasari, A. (2013). PERAN DOMINAN MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK SISWA PUTRI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL (Studi pada SMA Dr. Soetomo Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.70-78
Refbacks
- There are currently no refbacks.