The implementation of traditional games in ntunhs taiwan sit-in students in indonesia

Fajar Awang Irawan, Dhias Fajar Widya Permana, Taufiq Hidayah, Wanda Kusuma Putri, Huang Wen Ching, Tania Arlita Safitri Prastiwi, Nonik Rahesti, Dina Syarafina Ghassani, Nur Suciati

Abstract


(English)

This study aims to introduce the characteristics of the Indonesian nation in the form of traditional games as one of the efforts to preserve culture. Data is obtained from the process of observation, interviews, and documentation, which is then described by qualitative descriptive methods. The data analysis used in this study used the Miles and Huberman method. Participants in this study consisted of students of the National Taipei University of Nursing and Health Science who were visiting Semarang State University, as well as lecturers and students of Sports Science Semarang State University who were active in traditional games. The results obtained in this study show that traditional games have benefits for health and fitness. Traditional games are another facet of cultural heritage that needs to be conserved. One way to help preserve traditional games is to play them more often, engage with others, and promote them. This research is limited to the still-widely-ranging discussions about traditional games. The study is expected to consist of a short course focused on one of the original traditional games played in Indonesia.


(Indonesian)

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan ciri khas bangsa Indonesia dalam bentuk permainan tradisional sebagai salah satu upaya pelestarian budaya. Data diperoleh dari proses observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dijabarkan dengan metode deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari mahasiswa National Taipei University of Nursing and Health Science yang sedang berkunjung ke Universitas Negeri Semarang serta dosen dan mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang yang aktif dalam bidang permainan tradisional. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional memiliki manfaat untuk kesehatan dan kebugaran. Selain itu, permainan tradisonal menjadi salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan. Salah satu upaya untuk melestarikan permainan tradisional dapat melalui frekuensi dalam memainkan permainan tersebut, sosialisasi, dan melakukan publikasi terhadap permainan tradisional tersebut. Penelitian ini terbatas pada pembahasan terkait permainan tradisional yang masih cukup luas. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan dapat melakukan short course yang berfokus pada salah satu permainan tradisional asli dari Indonesia.


Copyright © The Author (s) 2023

Journal of Sport Education (JOPE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Keywords


traditional games, implementation, preservation of culture, permainan tradisional, implementasi, pelestarian budaya

Full Text:

(PLAGIARISM) (ARTICLE)

References


Andriani, T. (2011). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1). 121-136, https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/376

Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun di kelas b hijau melalui permainan engklek rintangan di tk negeri pembina kota tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178-190. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26680

Ardiyanto, A. (2019). Permainan tradisional sebagai wujud penanaman nilai karakter anak usia dini. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital,” no.1, pp.173-176. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/903

Citraningrum, D. M. (2020). Pemanfaatan permainan tradisional pada masa pandemi. Humaniora Dan Era Disrupsi : E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar, 1(1), 487–495. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/20011

Fisher, A., Reilly, J. J., Kelly, L. A., Montgomery, C., Williamson, A., Paton, J. Y., & Grant, S. (2005). Fundamental movement skills and habitual physical activity in young children. Medicine and Science in Sports and Exercise, 37(4), 684–688. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000159138.48107.7d

Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi permainan tradisional untuk pengembangan kreativitas anak. Jurnal Pelita PAUD, vol.5(no.2), pp.298-309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344

Ilham, I., Ali, M., Syaputra, E., & Munar, H. (2018). Pemanfaatan permainan tradisional dalam pencapaian indikator pembelajaran. Publikasi Pendidikan, Vol.8(No.1), pp.1-22. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4360

Irawan, F. A., Junaidi, S., Permana, D. F. W., Aditya, L., & Prastiwi, T. A. S. (2023). Implementasi permainan tradisional plintengan dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, Vol.4(No.1), pp.40-47. https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.292

Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2019). Permainan rakyat warisan budaya indonesia. In Buku Cetak (pp. 1–84). Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2021). Permainan hadang sebagai media kpoti dalam peningkatan aktivitas fisik melalui lestari budayaku bugar bangsaku. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 63-74. http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.1-10

Irawan, F. A., Sutaryono, Permana, D. F. W., Chuang, L., & Yuwono. (2021). Locomotor skills : Traditional games in the fundamental of physical activities. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8215

Izza, S., Nurizqi, T. L., & Ayuningrum, R. D. (2018). Permainan tradisional (gobak sodor) dalam membangun karakter cinta tanah air pada anak. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 80-85.

Junaidah, N., & Mariana, N. (2022). Aktivitas steam “make slingshot powerfull with ring” di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 891-901. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46660

Juwairiah. (2016). Meuen galah: Permainan tradisional aceh sebagai media untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, I(2), 119-133. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2039/1511

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 59–74. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan tradisional sebagai pengembangan kecerdasan emosi anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Mashuri, A. (2018). Pengaruh permainan gobak sodor terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada siswa kelas v sdn pulo lor 4 jombang. Simki-Techsain, Vol.2(No.4), pp.1-7.

Muliadi, M. (2021). Penerapan Pendekatan Permainan Hijau-Hitam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Cepat ( Sprint ) Siswa SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 553-564. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5286

Ningsih, E. P., Putro, K. Z., & Wahyuny, R. (2023). Kampung dolanan sidowayah wadah pelestarian “permainan tradisional” dalam menghadapi globalisasi budaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 17(2), 263-271. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/41527

Paramitha, S., Susilawati, D., & Lubay, L. (2017). Pengaruh permainan tradisional dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa (survei pada siswa kelas v di sekolah dasar negeri 2 kayuambon kecamatan lembang kabupaten bandung barat). Motion, 8(1), 90–99. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/motion/article/view/457

Permana, D. F. W., & Irawan, F. A. (2019). Persepsi mahasiswa ilmu keolahragaan terhadap permainan tradisional dalam menjaga warisan budaya indonesia. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 50–53. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/23645

Petege, I., Irawan, F. A., & Iyai, M. (2023). Revitalisasi permainan tujuh sebagai permainan asli kabupaten nabire papua. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 8(1), 73-81. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe/article/view/72130

Rahesti, N., Irawan, F. A., & Chuang, L.-R. (2023). Analisis permainan tradisional dalam pelestarian budaya: systematic literatur review. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 22-29. https://doi.org/10.21831/jpok.v4i1.19304

Sibuea, , A. B. F. (2015). Pemanfaatan permainan tradisional untuk kegiatan pembelajaran di tk bumi warta umbulharjo yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S1, 4(4), 1–9.

Subagyo, D. P., & Irawan, F. A. (2022). Revitalisasi permainan serok mancung asli kabupaten semarang revitalizing the original game of semarang regency serok mancung. Sriwijaya Journal of Sport Volume, 1(3), 118-129. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i3.415

Subekti Nuriska, Mulyadi Agus, & Juhrodin. (2020). Permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan kebugaran dan motivasi belajar. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.38560

Supiani. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan gobak sodor anak kelompok b tk dharma wanita demangan. Jurnal CARE, 6(1), 41-49. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3095

Suryawan, I. G. A. J. (2018). Permainan tradisional sebagai media pelestarian budaya dan penanaman nilai karakter bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1-10. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/genta/article/view/432

Susena, Y. B., Santoso, D. A., & Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport permainan tradisional gobak sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 450-462. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1185

Utomo, G. M., & Harwanto. (2020). Penerapan permainan tradisional dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani pada mahasiswa penjas angkatan 2019 universitas pgri adi buana surabaya. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 6(1), 62-65. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1153

Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan permainan tradisional sebagai media edukatif di sdn karangrejo 02 jember. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 24-33. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/EMPOWERING/article/view/Vas#

Wicaksono, D., SIswantoyo, Primasoni, N., & Fauzi. (2021). Gobak sodor : Permainan tradisional untuk meningkatkan kecepatan reaksi dan keseimbangan anak usia 12-14 tahun. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 17(1), 71-77. https://doi.org/10.21831/jorpres.v17i1.37455

Yusria, & Musyaddad, K. (2019). Permainan tradisional sebagai model permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 14-24. http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.3995

Zulviansyach, A. N. Z. I., Risaldi, F. K., Hartini, S., & Hariastuti, R. M. (2023). Slingshot: Between traditional games and learning mathematics. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, Vol.2(No.1), pp.75-88. https://doi.org/10.58421/misro.v2i1.68




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.6.1.39-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.