Kajian penelitian pembelajaran pendidikan jasmani: quantum learning atau blended learning?

Hari Wisnu

Abstract


Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan tenaga pendidik untuk dapat memecahkan ataupun meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pembahasna serta gambran mengenai model pembelajaran quantum dan blended dalam pembelajaran penjas. Kedua model pembelajaran ini Pada kurun waktu 5-10 terakhir pendekatan pembelajaran yang sering digunakan. Penelitian ini masuk dalam jenis kualitiatif metode yang digunakan kajian literature yang akan dibahas adalah mengenai karakteristik, kelebihan serta kekurangan masing-masing model pendekatan pembelajaran. Hasil kajian literature diharapkan mampu dijadikan kajian ataupun informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar teoritis penelitian selanjutnya dalam penggunaan model pendekatan pembelajaran menyelesaikan atau meningkatkan pembelajaran penjas melalui model quantum dan blended leaning. Model pembelajaran quantum dirasa paling tepat diterapkan karena model ini dalam penerapannya terdapat lebih dari satu model yang dirangkum menjadi satu kesatuan sehingga lebih kompleks dan tepat digunakan untuk meningkatkan keberhasilan belajar penjas


Copyright © The Author (s) 2022

Journal of Sport Education (JOPE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Keywords


Pembelajaran, Quantum, Blended, Pendidikan jasmani

References


Aris, T. M. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Berbasis Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas Vii Semester I Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Malang. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 3(1), 6. https://doi.org/10.5614/jskk.2018.3.1.2.

Bores-García, D., Hortigüela-Alcalá, D., Fernandez-Rio, F. J., González-Calvo, G., & Barba-Martín, R. (2021). Research on Cooperative Learning in Physical Education: Systematic Review of the Last Five Years. Research Quarterly for Exercise and Sport, 92(1), 146–155. https://doi.org/10.1080/02701367.2020.1719276.

Calderón, A., Scanlon, D., MacPhail, A., & Moody, B. (2021). An integrated blended learning approach for physical education teacher education programmes: teacher educators’ and pre-service teachers’ experiences. Physical Education and Sport Pedagogy, 26(6), 562–577. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1823961.

Erlidawati. (2016). Quantum Learning in Learning Reading. Itqan, VII(1), 37–50.

Gusdiyanto, H., Dwiyogo, W. D., & Adi, S. (2020). Pembelajaran Blended Learning Sosio Antropologi Olahraga untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 7. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13115.

Harmono, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dan Gaya Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sma Kota Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 103–114.

Ismulya, E. S., Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 3(1), 21–25.

Jani, J., Muszali, R., Nathan, S., & Abdullah, M. S. (2018). Blended Learning Approach Using Frog Vle Platform Towards. Journal of Applied and Fundamental Science, 10(5), 1130–1141. https://doi.org/10.4314/jfas.v10i5s.94.

Junaedi, A., & Wisnu, H. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Kim, I., Ward, P., Sinelnikov, O., Ko, B., Iserbyt, P., Li, W., & Curtner-Smith, M. D. (2018). Note : This article will be published in a forthcoming issue of the Journal of Motor Learning and Development . The article appears here in its accepted , peer-reviewed form , as it was provided by the submitting author . It has not been copyedited , proo. Journal of Sport Rehabilitation, 29, 622–627.

Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188.

Laksana, A. A. N. P. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas Xi Ia 1 Smkn 5 Denpasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(1), 1–23.

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 979. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12645.

Masykuri, N. M. (2020). Inovasi Blended Learning Pada Pembelajaran Pendidikan. Seminar Nasional Keolahragaan, 1–5.

Nurfauzan, P. (2018). pengaruh model quantum learning terhadap penguasaan teknik dasar lompat jauh siswa pada pembelajaran atletik disekolah dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(1), 29–42.

Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F. J., De Meester, A., Haerens, L., van Tartwijk, J., & De Martelaer, K. (2020). Personal and social development in physical education and sports: A review study. European Physical Education Review, 26(4), 797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054.

Pirsl, D., Pirsl, T., & Popovska, S. (2018). Challenges of E-Learning in Sports Sciences. XXIV Skup TRENDOVI RAZVOJA: “DIGITALIZACIJA VISOKOG OBRAZOVANJA, 5(02), 21–23.

Prasetyo, M. T. (2020). Mengoptimalkan Pembelajaran Pendidikan Olahraga Melalui Blended Learning di Papua. Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 5–12.

Priambodo, A., Hariyanto, A., & Dinata, V. C. (2020). The Development of Schoology-Based Blended Learning Model to Improve Student Motivation of National Training Center (PELATNAS) Athlete. Advances in Health Sciences Research, 21(Icsshpe 2019), 334–338. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.089.

Setiawan, E., Jumareng, H., Kastrena, E., Juliantine, T., Gani, R. A., Suryakancana, U., … Karawang, U. S. (2021). Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 21, 77–87.

Soedjatmiko. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4588.

Trecroci, A., Invernizzi, P. L., Monacis, D., & Colella, D. (2022). Physical Illiteracy and Obesity Barrier: How Physical Education Can Overpass Potential Adverse Effects? A Narrative Review. Sustainability (Switzerland), 14(1). https://doi.org/10.3390/su14010419.

Tutkun, E., Gorgut, I., & Erdemir, I. (2017). Physical Education Teachers’ Views about Character Education. International Education Studies, 10(11), 86. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p86.

Vernadakis, N., Giannousi, M., Tsitskari, E., Antoniou, P., & Kioumourtzoglou, E. (2012). A comparison of student satisfaction between traditional and blended technology course offerings in physical education. Turkish Online Journal of Distance Education, 13(1), 137–147.

Widiyanto, W. E., & Kamarudin. (2020). Optimalisasi Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani. TADULAKO JOURNAL SPORT SCIENCES AND PHYSICAL EDUCATION, 0383, 143–154.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.58-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.