Permainan hadang sebagai media kpoti dalam peningkatan aktivitas fisik melalui lestari budayaku bugar bangsaku

Fajar Awang Irawan, Dhias Fajar Widya Permana, Yuwono Yuwono, Slamet Asnawi, Aji Tri Pamungkas, Alfa Budi Setiawan Yunior, Lulus Baktiyaningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi permainan Hadang dalam peningkatan aktivitas fisik melalui lestari budayaku bugar bangsaku. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan diskusi dan praktik langsung dilapangan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Semarang tepatnya si ruang lingkup KPOTI kabupaten Semarang yang berjumlah 38 peserta dari 19 kecamatan di Kabupaten Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan survei. Hasil dari penelitian permainan Hadang aspek Kognitif sebesar 88% dalam pelaksanaan permainan Hadang. Pemahaman dalam permainan Hadang ini tidak terlalu sulit, karena beberapa peserta juga telah mengetahui permainan ini sebelumnya meskipun menggunakan nama yang berbeda. Sedangkan Aspek Afektif, didapatkan rerata 86% terkait penilaian tingkah laku para peserta. Nilai dari aspek Psikomotor dalam permainan Hadang ini cukup tinggi, yaitu pada prosentasi 90%. menemukan bahwa Permainan Hadang memiliki kontribusi dalam peningkatan aktivitas fisik. Permainan Hadang juga merupakan permainan yang menarik dan dapat diterima oleh masyarakat. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu hanya menggunakan perwakilan dari masing masing koordinator guru olahraga sebagai partisipan. Penelitian selanjutnya harapannya dapat diaplikasikan hingga tingkat daerah dan bahkan nasional untuk lebih merata dalam pemahaman dan pengetahuan terkait permainan hadang sebagai sebuah warisan permainan tradisional di Nusantara. 


Keywords


permainan hadang, pelestarian permainan tradisional, aktivitas fisik

References


Acha, B., & Mistar, J. (2018). Nilai-Nilai Karakter Dalam Olahraga Tradisional Aceh di Gampong Paya Bujuk Seuleumak Kota Langsa. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah,Sosial,Budaya Dan Kepelatihan, 5(2), 106–115.

Anggita, G. M., Mukarromah, S. B., & Ali, M. A. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warissan Budaya Bangsa. Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 3(2). https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178–190. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26680

Asriansyah, & Almy, muh akmal. (2018). Pengembangan permainan tradisional untuk melestarikan budaya bangsa melalui pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 82–88. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10597

Bhattacharya, R. (2015). Addiction to Modern Gadgets and Technologies Across Generations. Eastern Journal of Phychiatry, 2, 27–37. https://doi.org/10.5005/EJP-18-2-27

Fisher, A., Reilly, J. J., Kelly, L. A., Montgomery, C., Williamson, A., Paton, J. Y., & Grant, S. (2005). Fundamental Movement Skills and Habitual Physical Activity in Young Children. Medicine and Science in Sports and Exercise, 37(4), 684–688. https://doi.org/d10.1249/01.mss.0000159138.48107.7d.

Irawan, F. A., Jannah, S. P., Permana, D. F. W., Nurrachmad, L., & Anam, K. (2021). Mawashi Geri in Karate Junior Cadet Class : Kinematic Analysis. Journal of Hunan University, Vol.48(No.9), pp.437-443.

Irawan, F. A., Nomi, M. T., & Peng, H. (2021). Pencak Silat Side Kick in Persinas ASAD : Biomechanics Analysis. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, Vol.9(No.6), pp.1230-1235. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090617

Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2019). Permainan Rakyat Warisan Budaya Indonesia. In Buku Cetak (pp. 1–84). Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2020). Parent-Child Fun Games sebagai Upaya Meminimalisasi Smartphone Addiction pada Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.40

Irawan, F. A., Putra, A. A., & Chuang, L.-R. (2019). Physical Fitness of Adolescent Smoker. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(3), 398–403. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kemas.v14i3.17222

Irawan, F. A., Raharja, W. K., Billah, T. R., & Ma’dum, M. A. (2021). Analisis Biomekanika Free Throw Basket Sesuai Kaidah Dave Hopla. Jurnal Keolahragaan, Vol.9(No.2), pp.210-219. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v9i2.40360

Irawan, F. A., Sutaryono, Permana, D. F. W., Billah, T. R., & Ma’dum, M. A. (2021). Hand, Eye, and Foot Coordination Test Untuk Mendeteksi Kemampuan Dasar Lokomotor. Journal of Sport Education, Vol.3(No.2), pp.63-74. https://doi.org/ 10.31258/jope.3.2. 85-92

Irawan, F. A., Sutaryono, Permana, D. F. W., Chuang, L., & Yuwono. (2021). Locomotor Skills : Traditional Games In The Fundamental Of Physical Activities. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.4(No.1), pp.1-13. https://doi.org/ 10.24042/ajipaud.v4i1.8215

Izza, S., Nurizqi, T. L., & Ayuningrum, R. D. (2018). Permainan Tradisional (Gobak Sodor) Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global,” No.0291, pp.80-85.

Jacqueline D. Goodway, Crowe, H., & Ward, P. (2003). Effects of Motor Skill Instruction on Fundamental Motor Skill Development. Adapted Physical Activity Quarterly, 20(3), 298–314. https://doi.org/10.1123/apaq.20.3.298

Okely, A., Booth, M., & Patterson, J. (2001). Relationship of Physical Activity to Fundamental Movement Skill among Adolescents. Medicine & Science in Sports & Exercise, 899–904. https://doi.org/10.1097/00005768-200111000-00015

Park, C., & Park, Y. R. (2014). The Conceptual Model on Smartphone addiction among Early Childhood. International Journal of Social Science and Humanity, 4(2), 147–150. https://doi.org/10.7763/IJSSH.2014.V4.336

Permana, D. F. W., & Irawan, F. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan terhadap Permainan Tradisional dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 50–53. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/miki.v9i2.23645

Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sodor dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Berbasis Karakter Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2858

Pratisto, E. H., Purnomo, F. A., Bawono, S. A. T., & Yudhanto, Y. (2015). Evaluasi Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Ajar Pengenalan Benda Sekitar Pada Kelompok Bermain. Seminar Nasional Informatika 2015 (SemnasIF 2015) UPN “Veteran” Yogyakarta, November, 1(1), 113–121.

Ria, Y., & Musyaddad, K. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.3995

Safari, I. (2010). Analisis Unsur Fisik Dominan Pada Olahraga Tradasional. Jurnal Kependidikan, 40(2), 157–164. https://doi.org/10.21831/jk.v40i2.495

Septi, W. A. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 163–180.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). ALFABETA CV.

Supiani. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Gobak Sodor Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Demangan. Jurnal CARE, Vol.6(No.1), pp.41-49.

Susena, Y. B., Santoso, D. A., & Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol.7(No.2), pp.450-462. https://doi.org/DOI : 10.5281/zenodo.5035410

Utomo, G. M., & Harwanto. (2020). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2019 Universitas PGRI ADI BUANA SURABAYA. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, Vol.6(No.1), pp.62-65. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1153

Wicaksono, D., Siswantoyo, S., Primasoni, N., & Fauzi, F. (2021). Gobak sodor : permainan tradisional untuk meningkatkan kecepatan reaksi dan keseimbangan anak usia 12- 14 tahun. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 17(1), 71–77. https://doi.org/10.21831/jorpres.v17i1.37455




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fajar Awang Irawan, Dhias Fajar Widya Permana, Yuwono Yuwono, Slamet Asnawi, Aji Tri Pamungkas, Alfa Budi Setiawan Yunior, Lulus Baktiyaningsih