Minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran daring pjok kelas x sekolah menengah atas

Putu Ngurah Bende Saputra, I Ketut Budaya Astra, I Made Satyawan, I wayan Artanayasa, Ni Luh Putu Spyanawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi besarnya minat belajar siswa yang ada pada siswa yang mengikuti pembelajaran PJOK berbasis online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan survei digunakan dalam hal ini. Penelitian ini mengikutsertakan 144 siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2021/2022sebagaisubjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah minat siswa untuk belajar. Pendekatan analisis statistik deskriptif diterapkan dalam bentuk persentase dalam tabel dan grafik selama proses pengolahan data. Pembelajaran PJOK ditemukan minat rendah sebesar 7,6 persen (11 orang), minat sedang sebesar 41 persen (59 orang), dan minat cukup sebesar 28,5 persen (41 orang). Kategori “tinggi” memiliki tingkat minat 13,2 persen (19 orang) dan kategori “sangat tinggi” memiliki tingkat minat 9,7 persen, menunjukkan bahwa siswa sangat berminat mengikuti pembelajaran PJOK berbasis online (14 orang). Rata-rata nilai minat belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK berbasis online menempatkan mereka pada kategori “cukup. Kategori ini tidak dapat digeneralisasikan; sebaliknya, itu hanya berkaitan dengan kelompok tertentu yang sedang diselidiki.


Keywords


minat,belajar,pembelajaran daring

References


Alam, B. T., & Alfi, C. (2020). Survei pelaksanaan pembelajaran daring di lingkungan fakultas ilmu pendidikan dan sosial. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual.

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa muslim di smp kota pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2). https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322

Arum, R. (2020). Pembatasan sosial di indonesia akibat virus corona ditinjau dari sudut

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar ips di smp negeri 14 kota madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1). https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66

Darmono, A. (2020). Best paractice pembelajaran daring di madrasah ibtidaiyah pada masa pandemi covid 19. Jurnal Kurikula.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Herlina, M. S. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid19) di sekolah dasar. Jurnal Sport Sciences and Physical Education, 8(1–1).

I.K. Budaya Astra. (2020). Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Menjaga Kebugaran Jasmanipada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29573 (diakses pada tanggal 30 September 2021).

Junaedi, A. (2015). Survei tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sma, smk, dan ma negeri se-kabupaten gresik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 168–169.

Kasim, M. (2011). Pentingnya motivasi dan minat terhadap manajemen kinerja guru dalam pelaksaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jurnal ACADEMICA Fisip Untad, 3(02).

Kresna, & Ahyar, J. (2020). Pengaruh physical distancing dan social distancing terhadap kesehatan dalam pendekatan linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4).

Miski, R. (2017). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Tadbir Muwahhid, 4(2).

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2). https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Paturisi, A. (2012). Management pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penelitian ekonomi syariah. In StaiaPress (Issue December).

Putrantana, A. B. (2017). Pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui permainan tradisonal pada pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1).

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid- 19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sagala, S. (2012). Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. In Bandung: Alfabeta.

Salamah, R. (2019). Hubungan asupan zat gizi, aktivitas fisik, dan persentase lemak tubuh dengan kebugaran jasmani. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 18(2), 14–18.

Satyawan, I. M. (2020). Studi Kelayakan Pembentukan Program Studi Pendidikan Jasmani Pendidikan Guru Sekolah Dasar(Pj Pgsd) Tahun 2019. Jurnal Ika. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.23887/ika.v18i1.28385 (diakses pada tanggal 29 September 2021).

Slameto. (2015). Metodelogi penelitian & inovasi pendidikan. Salatiga: Cipta.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1). https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung : Alfabeta, CV.

Susanto, N. (2020). Pengaruh virus covid 19 terhadap bidang olahraga di indonesia. Jurnal Stamina, 3(3), 145.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan covid-19 di indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59–70.

Wasti, S. (2013). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran tata busana di madrasah aliyah negeri 2 padang. Journal of Home Economics and Tourism, 2(1).

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan portal rumah belajar kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.4.2.154-163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

 Journal of Sport Education (JOPE) has been indexed by: