Metode bantuan tentor: penerapannya dalam meningkatkan passing atas bola voli mini siswa kelas v sekolah dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini melalui bantuan tutor sebaya siswa kelas v sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data yang dianalisis meliputi data kuantitatif (dengan menampilkan angka-angka sebagai ukuran prestasi), dan data kualitatif (dengan menampilkan angka sebagai perbandingan). Analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif yang bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Tahapan dalam tindakan menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan dari 40 siswa, terdapat 18 siswa (45%) yang tuntas belajar. Pada akhir siklus I dari 40 siswa, terdapat 20 siswa (50%) yang tuntas belajar. Pada akhir siklus II dari 40 siswa, 32 siswa (82,87%) telah tuntas belajar. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini siswa kelas V Sekolah Dasar.
The use of the tentor assistance method in order to improve passing over mini volleyball for class V elementary school students
Abstract
The purpose of this study is an effort to improve the results of learning to pass over mini volleyball through the help of peer tutors for grade V elementary school students. The research method used is classroom action research. The data analyzed included quantitative data (by presenting numbers as a measure of achievement), and qualitative data (presenting numbers as a comparison). Data analysis was carried out in a descriptive comparative manner which aims to compare the conditions before and after the learning corrective action was taken. The stages in the action of analyzing data include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The subjects used were 40 students. The results showed that in the pre-action of 40 students, there were 18 students (45%) who had finished learning. At the end of the first cycle of 40 students, there were 20 students (50%) who had finished learning. At the end of the second cycle of 40 students, 32 students (82.87%) have finished learning. Thus it can be concluded that the application of the peer tutor assistance method can improve the learning outcomes of passing on mini volleyball for fifth grade elementary school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allo, M. R., Sumarsono, A., & Syamsudin. (2020). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Lempar Lembing Dengan Menggunakan Media Turbo. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 03(01), 1–13. https://doi.org/10.35724/mjpes.v
Dadi, S. (2020). Belajar passing atas bola voli melalui tutor teman sebaya pada siswa kelas v. Jurnal DIKDAS BANTARA, 3(1), 1–13.
Fadlih, A. M., & Riyanto, P. (2019). Minat dan Motivasi Peserta Didik Penyandang Disabilitas Ketunarunguan terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 2(01), 68–76. https://doi.org/10.35724/mjpes.v2i01.2072
Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(9), 2. file:///C:/Users/asus/Downloads/191-Article Text-651-2-10-20180222.pdf
Hartanti, M. D., & Hidayat, T. (2016). Hubungan antara tingkat konsentrasi siswa terhadap ketepatan service atas dalam permainan bolavoli (studi pada peserta ekstrakurikuler bolavolit smk negeri 1 surabaya ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(2), 288–294.
Hendriawan, A. T., & Indahwati, N. (2019). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar passing atas bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 143–146.
Hidayat, A., & Iskandar, D. (2019). Efektivitas Underhand Servis Posisi Lurus dan Posisi Menyamping Terhadap Akurasi Servis Bawah. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(1), 62. https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.452
Indrianie, N. S. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 126. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/download/2210/2357
Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.20
Maulina, Y. (2018). Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini melalui bantuan tutor sebaya siswa kelas V SD Negeri 5 Sabang. 2(1), 85–93.
Nadhiroh, L., & Hidayat, T. (2017). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05(03), 625–632.
Noviyanto, A., & Hidayat, T. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pasing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri Plandaan Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(3), 682–689.
Patamani, H. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Mini. AKSARA Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 35–40. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). ALFABETA.
Supriyanto, S., & Martiani, M. (2019). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan terhadap Keterampilan Smash dalam Permainan Bola Voli. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 3(1), 74–80. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.829
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.3.1.43-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.