Upaya meningkatkan servis atas bolavoli mini menggunakan metode pembelajaran game terhadap siswa sekolah dasar

Sukari Sukari, Tito Pangesti Adji, Kukuh Hardopo Putro

Abstract


Pengajaran olahraga atau pendidikan jasmani disekolah dasar, khususnya cabang olahraga bolavoli, masih sulit diajarkan dalam bentuk aturan cabang olahraga yang sesungguhnya, karena tingkat perkembangan fisik anak masih belum mampu mengatasi beban yang seberat itu. Permasalahan yang dihadapi oleh guru olahraga disini adalah kurangnya kemampuan siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul dalam melakukan servis atas bolavoli mini. Dari permasalahan yang sudah diketahui tersebut dengan kurangnya kemampuan servis atas bolavoli mini siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul, peneliti akhirnya mengambil keputusan dengan menggunakan model pembelajaran game dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan servis atas siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil kumulatif tes siklus 1 bahwa 55% dari jumlah siswa belum mencapai ketuntasan dan yang tuntas mencapai 45%. Hal tersebut menunjukan bahwa target yang di inginkan peneliti yaitu  lebih dari 70% dari jumlah siswa belum tercapai. Berdasarkan hasil kumulatif tes siklus 2 bahwa 75% dari jumlah siswa telah mencapai ketuntasan dan rata-rata kelas 77,75. Hal tersebut menunjukan bahwa target yang di inginkan peneliti yaitu  lebih dari 70% dari jumlah siswa telah tercapai.


Keywords


Learning Outcomes, Volleyball, Top Service, Games

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini ( Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang ). AL IBTIDA: JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 4, 1–16.

John, P. D. (2006). Lesson planning and the student teacher: re‐thinking the dominant model. Journal of Curriculum Studies, 38(4), 483–498.

Kim, I. (2016). Exploring changes to a teacher’s teaching practices and student learning through a volleyball content knowledge workshop. European Physical Education Review, 22(2), 225–242.

Kurniawan, D. D. (2020). Pengaruh Latihan Metode Drill dan Game Terhadap Peningkatan Prestasi Lompat Jauh Pada Atlet Remaja. Sport Science and Health, 2(3), 285–292.

Mahedero, P., Calderón, A., Arias-Estero, J. L., Hastie, P. A., & Guarino, A. J. (2015). Effects of student skill level on knowledge, decision making, skill execution and game performance in a mini-volleyball Sport Education season. Journal of Teaching in Physical Education, 34(4), 626–641.

Palao, J. M., Manzanares, P., & Ortega, E. (2009). Techniques used and efficacy of volleyball skills in relation to gender. International Journal of Performance Analysis in Sport, 9(2), 281–293.

Stolz, S., & Pill, S. (2014). Teaching games and sport for understanding: Exploring and reconsidering its relevance in physical education. European Physical Education Review, 20(1), 36–71.

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.3.1.53-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.