Pengembangan model pembelajaran passing bawah bola voli berbasis pendekatan saintifik

Cahyo Muarif Wibowo Pratama, hartati hartati, waluyo waluyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran passing bawah bola voli berbasis pendekatan saintifik pada siswa SMK. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Penelitian ini  menggunakan penilaian ahli pembelajaran serta uji coba coba skala kecil dan uji coba skala besar. Subjek penelitian yang digunakan adalah 16 responden untuk uji coba skala kecil dan 48 responden untuk uji coba skala besar di SMK Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil dari penelitian pada uji coba skala kecil uji coba kelompok kecil diperoleh psikomotor 0,75, hasil kognitif o,73 berkategori tinggi yang didapatkan dengan analisis n-gain  dan afektif dinilai dengan skala guttman 84,37% dan termasuk kategori tinggi. dan hasil uji coba skala besar hasil psikomotor 0,74, hasil kognitif o,76 berkategori tinggi yang didapatkan dengan analisis n-gain  dan afektif dinilai dengan skala guttman 87,5 7% dan termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penilaian ahli pembelajaran, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, maka model pembelajaran ini dinyatakan valid sehingga dapat digunakan dalam skala luas.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, & Dkk. (2004). Panduan Kurikulum Prasekolah. Malindo.

Anggraini, A. W., Tomi, A., & Sulistyorini. (2016). Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Menggunakan Latihan Bervariasi Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Smk Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(02), 365–380.

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Azizah, S. N. (2018). Penerapan Model Think Talk Write Berbasis Tema Kebersamaan. 4(November), 160–171.

Djamarah, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Ernailis. (2016). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran Sesama Teman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Journal Primary, 5(September), 52–61.

Fatmawati, L., Sukidin, S., & Suyadi, B. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konvensional Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kompetensi Dasar Fungsi Manajemen Siswa Kelas X Di Sma Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 134. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6460

Gustiawati, R. (2017). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Haryadi, T., & Arifin. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “WARUNGKU.” , Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 01, 39–50.

Irma, A. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Mandala, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Iyakrus. (2018). Pendidikan Jasmani , Olahraga, dan Prestasi. Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7. https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Manik, A. C., & Sihotang, J. M. (2015). Penerapan Saintifik Melalui Gaya Mengajar Pemecahan Masalah Pada Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pedagogik Olahraga, 1(2), 57–68. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Marwoto, W. G., Pujiyanto, A., & Pamot, H. (2016). Hasil Belajar Lari Estafet Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Salaman 4. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(2), 121–126.

Nuralam, N., & Eliyana, E. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Sman 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 64. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3085

Sinulingga, A., & Nugraha, T. (2017). Penerapan Pendekatan Ilmiah Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan Dampaknya Pada Siswa SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(Juli-Desember), 72–98.

Subiantoro, F., & Hidayat, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning (Jigsaw) Terhadap Hasil Belajar Service Bola Voli (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Tembelang Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 265–273.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Tri Indra Prasetya. (2012). Keterampilan, Meningkatkan Instrumen, Menyusun Berbasis, Belajar Interaktif, Modul IPA SMP Bagi Guru-Guru Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2).

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.3.1.14-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.