Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga

Yahya Eko Nopiyanto, Septian Raibowo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa penjas yang mengikuti perkuliahan filsafat penjas dan olahraga, dengan jumlah 45 mahasiswa. Teknik dan instrumen pengempulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus 1 dapat diketahui bahwa 55% mahasiswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi, nilai rata-rata kelas sebesar 68, ketuntasan belajar 68%. Pada siklus 2 diketahui bahwa 80% mahasiswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi, nilai rata-rata kelas sebesar 78, ketuntasan belajar 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga.


Keywords


pembelajaran, jigsaw, penjas, filsafat

References


Altun, S. (2017). The effect of cooperative learning on students’ achievement and views on the science and technology course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451-468.

Budiawan, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu fisiologi olahraga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1).

Gull, F., & Shehzad, S. (2015). Effects of Cooperative Learning on Students' Academic Achievement. Journal of Education and Learning, 9(3), 246-255.

Hossain, A., & Tarmizi, R. A. (2013). Effects of cooperative learning on students’ achievement and attitudes in secondary mathematics. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 473-477.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Thomas, P., & Setiaji, K. (2014). E-Learning Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Dinamika Pendidikan, 9(1).

Sardiman (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Tsay, M. & Brady, M. (2010). A Case Study Of Cooperative Learning And Communication Pedagogy. Journal of the scholarship of Teaching and Learning. 10(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.