Aktifitas permainan, cuaca, dan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

Mochamad Ridwan, Sudibyo Sudibyo, Dwi Cahyo Kartiko

Abstract


Tujuan dalam melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK yang dilaksanakan pada pukul 10.00-11.30 dengan menggunakan aktifitas permainan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan alat survei serta teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada 30 siswa. Hasil dalam penelitian didapatkan yaitu 6.7% (2) siswa yang memiliki motivasi sangat rendah, 16.7% (5) siswa yang memiliki motivasi rendah, 33.3% (10) siswa yang memiliki motivasi cukup, 40.0% (12) siswa yang memiliki movitasi tinggi, dan 3.3% (1) siswa yang memiiki motivasi sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu untuk menjaga dan meningkatkan motivasi siswa yaitu dengan cara menggunakan aktifitas permainan yang sesuai dengan situasi dan kondisi dimana pembelajaran berlangsung. Selain itu disarankan untuk meneliti dengan jumlah sampel yang lebih banyak dengan jenjang yang berbeda agar ditemukan jalan keluar lainnya.

Keywords


aktifitas permainan, cuaca , motivasi, PJOK

References


Ayu Risma Putri, S. (2017). PERANAN MOTIVASI TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN FISIK MOTORIK PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(1), 119–129.

Bekiari, A. (2014). Verbal Aggressiveness and Leadership Style of Sports Instructors and Their Relationship with Athletes’ Intrisic Motivation. Creative Education, 05(02), 114–121. https://doi.org/10.4236/ce.2014.52018

Efendi, R. (2016). Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(1), 91–106.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas Bermain dan Perkembangan Jasmani Anak. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 145–158. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1334

Garyfallos, A., & Asterios, P. (2011). Motivation of 10-12 years old Cypriot students toward sports participation. Journal of Physical Education and Sport, 11(4), 401–405.

Janssen, I. (2007). Physical activity guidelines for children and youth. Canadian Journal of Public Health. Revue Canadienne de Santé Publique, 98 Suppl 2(April). https://doi.org/10.2139/ssrn.2308560

Kemal Fikri, I. (2016). The Application Of Game Models To Promote Student Participation In Learning Rounders Game Activities. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 57–67. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3664

Kumar, V., Singh, A., Sandhu, J. S., Gupta, N., & Pandey, R. M. (2017). Comparative study of sports motivation among contact and non-contact sports persons. 4(4), 128–131.

Kusnandar. (2017). Pemanfaatan permainan tradisional banyumas gol- golan sebagai materi pembelajaran penjas di sekolah dasar di kabupaten banyumas. (November), 234–242.

Lukman. (2016). Peningkatan Motivasi Pelaksanaan Permainan Kecil Dalam Pembelajaran Eningkatan Motivasi Pelaksanaan Permainan Kecil Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 14–27. Retrieved from http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/108/91

Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 41. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6399

Nasution, I. E., & Suharjana, S. (2015). Pengembangan Model Latihan Sepak Bola Berbasis Kelincahan Dengan Pendekatan Bermain. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 178–193. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6241

Priyanto, A. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Dasar Lari melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Penjas Siswa Kelas V SD I Donotirto Kretek Bantul. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1), 1–6. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/3056/2547%0A

Rizky Leo, Rumini, I. S. (2013). Pengembangan Pembelajaran Lempar Lembing Menggunakan Media Roket Pada Siswa Kelas Ix Smp N 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(7), 459–467. https://doi.org/10.15294/active.v2i7.1745

Santosa, A. (STKIP P. C. (2018). Jurnal Olahraga. 4(2).

Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembagan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Pengembagan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola Dalam Pembelajaran Penjas Pada Siswa SD, 4(1). https://doi.org/10.15294/miki.v4i1.4395

Wibowo, H., & Gani, R. A. (2018). Pendidikan Jasmani Materi Ajar Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Majalaya. 1(1), 45–50.

Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Teknik, 3(September), 77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.40-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Of Sport Education (JOPE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Sport Education (JOPE) has been indexed by: