Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Mengikuti Implementasi Penugasan Dosen Sekolah

Adi Sumarsono, Nyoman Widiantari, Etriana Meirista

Abstract


Proses perkuliahan dapat tercapai sesuai arahan kurikulum jika interaksi antara ilmu yang diberikan dan respon penerima dapat terjadi nyata secara linier. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar mahasiswa saat mengikuti perkuliahan pada program Penugasan dosen Sekolah (PDS) pada mata kuliah kepalatihan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek yang dilibatkan dari penelitian ini sebanyak dua kelas yang terdiri dari masing-masing kelas sebanyak 32 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala belajar, wawancara dan dokumentasi. Aspek yang hendak diukur dalam penelitian ini meliputi tiga aspek yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini adalah terdapat kecenderugan gaya belajar mahasiswa di jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dalam mengikuti perkuliahan Implementasi PDS. Adapun hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa gaya belajar visual sebesar 38,30%, sedangkan gaya belajar auditori sebesar 53,55% dan juga gaya belajar kinestetik mahasiswa sebesar 96,30%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pada jurusan PJKR UNMUS lebih cenderung suka dan mudah dalam memahami jika materi yang disampaikan dalm bentuk di keterampilan yang langsung dipraktekkan dari pada menggunakan gaya belajar yang mempunyai kecenderungan selain kinestetik.

 

 

Tendency of  Student Learning Styles in Attending the Implementation of School Lecturer Assignments


 Abstract

The lecture process can be achieved according to curriculum direction if the interaction between the given knowledge and the recipient's response can occur linearly. The purpose of this study is to describe the tendency of student learning styles when attending lectures in the School Lecturer Assignment (PDS) program in basic course subjects. The method used in this research is quantitative descriptive. Subjects involved in this study were as many as two classes consisting of each class of 32 students. The instruments used in this study were study scale questionnaires, interviews and documentation. The aspects to be measured in this study include three aspects namely, visual learning style, auditory learning style and kinesthetic learning style. The results of this study are there are trends in student learning styles in the physical health and recreation education majors in attending PDS Implementation lectures. The results of this study can be explained that the visual learning style is 38.30%, while the auditory learning style is 53.55% and also the kinesthetic learning style is 96.30%. From the results of this study it can be concluded that students in the UNMUS PJKR majors are more likely to like and easily understand if the material delivered preformance in the form of skills that are directly practiced rather than using learning styles that have trends other than kinesthetic.

 

 


Keywords


gaya belajar; mahasiswa pjkr; learning style; pjkr students

References


Asmani, J. M. (2012). Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

De Porter, B. (2010). Quantum Learner (alih bahasa). Bandung: Kaifa.

Dryden, Gordon , & J, V. (2001). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution ) Belajar akan efektif kalau anda belajar dalam keadaan Fun. Jakarta: KAIFA.

Hartanti, & Arhartanto. (2003). Profil Gaya Belajar Mahasiswa Baru. Indonesian Psycgological Journal Vol. 18, No. 3, 307.

J. Philip, C.B. Rao, T. Jayakumar, B. Raj. (2000). A New Optical Technique for Detection of Defects in Ferromagnetic Materials and Components. NDT&E International, (hal. 289-295).

Miller, T. J. E. (1993). Brushless Permanent – Magnet and Reluctance Motor Drives . (T. M. Hammon P, Penyunt.) New York, USA: Oxford University Press Inc.

Nasution. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar Cetakan ke 11. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarsono, A., & Anisah, A. (2018). Media Audio Visual sebagai Solusi Efektif Pembelajaran Teknik Gerak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5.

Susilo, J. M. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.

Uno, H. (2004). Landasan Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Janah.

Winkel. (2005). Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grasindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.1.16-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.