Hubungan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Keterampilan Sepak Sila Permainan Sepak Takraw

Rifki Nanda Putra, Fuaddi Fuaddi

Abstract


Rendahnya kemampuan sepak sila siswa putra  SMP N 5 Kota Pekanbaru karena kurangnya Koordinasi mata terhadap gerakan kaki saat melakukan sepak sila. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kooordinasi mata kaki terhadap keterampilan sepak sila permainan sepak takraw  siswa putra kelas VIII SMP N 5 Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode eksperiment dengan uji korelasi Penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Kota Pekanbaru dengan populasi siswa putra kelas VIII yang berjumlah 12 orang. Karena jumlah populasi sedikit, yakni kurang dari 100 orang maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yang disebut juga total sampling. Teknik pengolahan data dengan menggunakan 2 tes, tes koordinasi mata kaki dan tes sepak sila, selanjutnya teknik analisa data yang diperoleh diuji signifikasinya dengan uji t. Berdasarkan analisa data diperoleh thitung= 24,88>ttabel = 2,23. Hasil penelitian ini adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat HubunganKoordinasi Mata Kaki Terhadap Keterampilan Sepak sila Permainan Sepak takraw Siswa Putra Kelas VIII SMP N 5 Kota Pekanbaru, dengan demikian Ha diterima.

Keywords


Ankle Coordination, Kick Sila (sepak sila) Capabilities

References


Anggraini, D. (2016). Hubungan Koordinasi Mata dan Kaki Dengan Kemampuan Passing Pada Permainan Sepak Takraw Siswa SMPN 1 Teluk Kuantan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–11.

Cendra, R., Gazali, N., Parulian, T., Candra, A., & Apriani, L. (2018). Pelatihan Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). Retrieved from http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(1), 1–6. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs

Herliana, M. N. (2017). Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SMP Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Journal Sport Area, 2(2), 44–52.

Nusufi, M. (2014). Korelasi Antara Koordinasi Mata-Kaki dengan Kemampuan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Atlet Klub Dondong Merah Tahun 2014. Jurnal Handayani, 6(2), 1–8.

Saripin, & Agust, K. (2017). Hubungan Koordinasi Mata dan Kaki Dengan Keterampilan Sepak Sila Permainan Sepak Takraw Pada Ekstrakurikuler Siswa SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–10.

Setiawan, D., Yunitaningrum, W., & Atiq, A. (2014). Pengaruh Media Bola Plastik Terhadap Teknik Dasar Sepak Sila di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1–11.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, M., Triansyah, A., & Haetami, M. (2012). Pengaruh Active Isolated Stretching dan Propioceptive Neuromuscular Facilitation Terhadap Fleksibilitas Tungkai Pada Permainan Sepak Takraw. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(9), 1–10.

Sukmana, A. A., & Allsabah, M. A. H. (2018). Fenomena Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Sepaktakraw di Kabupaten Blitar. Journal Sport Area, 3(1), 94–101.

Sulaiman. (2004). Sepak Takraw. Semarang: CV. Widya Karya.

Ucup, Y. (2004). Pembelajran Permainan Sepak Takraw: Pendekatan Keterampilan Praktis. Jakarta: Dirjen Olahraga Depdiknas.

Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.1.2.49-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.