Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk software sebagai media pembelajaran e-learning mata pelejaran PJOK di SMA Kota Yogyakartadan sebagai media alternatif dalam pelaksanaan literasi olahraga. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan menggunakan penilaian ahli media serta uji coba coba skala kecil dan uji coba skala besar. Subjek penelitian yang digunakan adalah 30 responden untuk uji coba skala kecil dan 60 responden untuk uji coba skala besar di SMA Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian pada uji coba skala kecil adalah penilaian produk pada aspek pemograman memiliki rerata skor sebesar 2.97 dan dalam skala (1-100) nilainya 74,22 sehingga masuk ke dalam kriteria baik dan hasil uji coba skala besar memiliki penilalian produk aspek pemogramanan sebesar 3,08 dan dalam skala (1-100) nilainya 77,02 sehingga masuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penilaian ahli media pemograman, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, produk software ini layak digunakan sebagai media pembelajaran PJOK di tingkat SMA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Abidin. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Basoglu, D. (2018). The Importance of Physical Literacy for Physical Education and Recreation. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 141.
Borg. (2007). Educational research an introduction (4th ed). New York: Longman Inc.
Lubis. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191 – 201.
Noh, Y. (2017). A Study on The Effect Of Digital Literacy On Information Use Behavior. Journal of Librarianship and Information Science 2017, 49(1), 26 –56.
Santoso, N. (2009). Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas: Antara Harapan dan Kenyataan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 2-3.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sukardjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Wahyhuningsih. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.
Widiantoro, B., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semi Konduktor di SMKN Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 505-506.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65
Refbacks
- There are currently no refbacks.