Pengaruh Gizi, Motivasi dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Atlet Sepakbola Universitas Sriwijaya

Reza Resah Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gizi, motivasi, dan percaya diri terhadap prestasi Atlet Sepak Bola di Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan pengumpulan dokumen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Penghitungan statistik dibantu menggunakan SPSS 20. Hasil analisis data besarnya pengaruh gizi, motivasi dan kepercayaan diri terhadap prestasi atlet sepakbola adalah sebesar 54,5%. Secara serentak variabel gizi, motivasi dan kepercayaan diri benar-benar berpengaruh terhadap prestasih atlet sepakbola hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara partial hanya variabel motivasi yang berpengaruh terhadap atlet sepakbola hal ini terbukti dari nilai signifikansi sebesar 0,022. Gizi, motivasi, dan kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi atlet sepak bola. Penelitian ini dapat berimplikasi pada guru, pelatih,  dan atlet bahwa gizi, motivasi, dan percaya diri sangat berpengaruh terhadap prestasi atlet.

 


Keywords


gizi, motivasi, percaya diri, prestasi, sepak bola

References


Effendi, H. (2016). Peranan Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1(1), 22–30.

Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56–62.

S, P. W., & Hamdani, F. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Diet Calon Atlet Terhadap Status Gizi di SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Journal Sport Area, 2(1), 64–69.

Soraya, N. (2017). Perbandingan Senam Aerobik Mix Impact dengan Senam SKJ 2012 dan Motivasi Berprestasi Terhadap Daya Tahan Cardiorespiratory. Journal Sport Area, 2(2), 63–75.

Subekti, N. (2017). Efektivitas Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar, Bagian Dalam, dan Bagian Punggung Kaki Terhadap Penguasaan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola. Journal Sport Area, 2(2), 88–95.

Surahman, F., & Yeni, H. O. (2019). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Renang Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Journal Sport Area, 4(1), 218–229.

Wicaksono, D. (2009). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Sebagai Akibat Dari Latihan Bolavoli Terhadap Prestasi Belajar Atlet di Sekolah. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainur, & Sulastio, A. (2019). Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Akurasi Tendangan ke Gawang. Journal Sport Area, 4(1), 278–284.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.1.2.37-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JOURNAL OF SPORT EDUCATION



Journal of Sport Education (JOPE) has been indexed by: